Sebagai suatu sistem pengembangan seluruh potensi peserta didik, BLP (Building Learning Power) dirancang untuk menjadikan pelajar lebih optimal dalam lingkungan sekolah maupun eksternal. Dengan menciptakan iklim suasana belajar yang sistematis, memupuk kebiasaan, dan sikap. Hal inilah yang memungkinkan peserta didik dapat menghadapi kesulitan dan ketidakpastian keadaan dengan tenang, percaya diri dan kreatif. Peserta didik yang lebih percaya diri, akan mampu belajar lebih cepat dan lebih baik. Mereka lebih fokus, kuat berfikir, dan menemukan kesenangan dalam belajar. Mereka mengerjakan tes akademik dengan lebih baik dan mudah, serta lebih menemukan kenyamanan dalam pembelajaran. (Prof. Guy Claxton, Penemu Konsep BLP)
Bersama Griya Parenting Indonesia, Ummi Foundation menggelar ToT BLP (Training of Trainer Building Learning Power) dengan mengundang beberapa guru atau tenaga pendidik dari berbagai sekolah di beberapa kota. Dalam penyelenggaraannya, menghadirkan Ustadz Syaiful Azhar, S.S., kepala SMP Model Ar-Riyadh Bekasi, sebagai narasumber yang luar biasa dalam training tersebut. SD Islam Terpadu El-Haq, sebagai salah satu lembaga sekolah yang menjadi peserta, diwakili oleh Ustadz Arief Rahman Hakim, S.Pd. (waka kesiswaan) dan Ustadz Azzam Dhia El-Haq (waka sarana dan prasarana).
Sebagai bentuk pengoptimalan, kegiatan dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai pada Selasa sampai dengan Kamis, 3-5 Januari 2023, dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, yang bertempat di PrimeBiz Hotel Surabaya (Jalan Gayung Kebonsari no. 30, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur).
Training ini tidak lain bertujuan membentuk tenaga pendidik yang profesional dengan kualitas yang mumpuni. Sehingga peserta atau guru mampu mengimplementasikan BLP, baik dalam pembelajaran kelas maupun pembinaan di luar kelas. Selanjutnya, apabila tenaga pendidik sudah memenuhi kualifikasi kualitas yang dimaksudkan, terbentuklah peserta didik yang lebih optimal dalam lingkungan sekolah dan eksternal, selaras dengan konsep perancangan BLP (Building Learning Power).
Berbagai materi yang luar biasa disajikan untuk para peserta. Mulai dari Paradigma Pendidikan, Tipe-tipe Generasi, Visi Guru dan Siswa, Building Learning Power, Teacher as Coach, Kurikulum Merdeka, hingga Iklim Belajar di Sekolah dan Rumah. Penerapan BLP ini juga sejalan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di semua aspek lingkungan. Dari apa yang didapat selama training, tenaga pendidik selanjutnya dapat menyusun program kegiatan Building Learning Power yang implementatif untuk diterapkan di lembaga masing-masing. Dengan adanya hal tersebut, tidak menutup kemungkinan, lembaga juga dapat menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah di sekitar untuk melaksanakan program Building Learning Power.
Ustadz Drs. H. Masruri, M.Pd., Direktur Ummi Foundation, menyampaikan bahwa program yang sangat luar biasa ini bisa dengan mudah diduplikasi oleh sekolah-sekolah Islam. Sehingga pendidikan Islam lebih maju, dapat berkembang dengan luar biasa.