28/12/2023 Tim Redaksi YPS EL-HAQ. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan serta kepegawaian, YPS EL-HAQ Sidoarjo menggelar kegiatan Rapat Kerja (RaKer) yang menjadi agenda setiap tahunnya. Pelaksanaan kegiatan rapat kerja tahun ini bertempat di Batusuki Hotel-Batu-Malang yang diselenggarakan pada hari Minggu dan Senin, 17-18 Desember 2023. Tema yang diangkat pada rapat kerja dan workshop kali ini yaitu “Memahami Potensi Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi”. Tujuan dari diangkatnya tema ini adalah sebagai bahan motivasi bagi guru untuk mengenali dan memahami potensi siswa dengan tepat, sehingga dapat memberikan sebuah gambaran yang tepat mengenai karakter, kelebihan, kekurangan, serta keunikan masing-masing siswa.
Dalam kegiatan ini diawali dengan pembukaan, tilawah, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan-sambutan oleh Ustadz H. Ainur Rofiq, Lc selaku Ketua YPS EL-HAQ dan sambutan dari Ustadz Haris, M.Pd selaku Sekretaris YPS EL-HAQ.
Kemudian memasuki acara inti dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ustadz Drs. Miftahul Jinan, M.Pd.I. Dalam rapat kerja dan workshop tahun ini, Beliau membahas mengenai peran guru dalam mengembangkan potensi setiap siswa. Beliau menuturkan jika dalam kegiatan pembelajaran, seringkali kita berpikir bahwa anak-anak harus segera bisa menghitung, tetapi lupa bahwa harus ada akar (fondasi) yang dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan potensi itu.
Beliau juga menjelaskan potensi-potensi apa saja yang perlu dikembangkan pada siswa, potensi tersebut antara lain:
1. Devout/keshalihan: siswa didorong untuk merasakan kehadiran Allah, sehingga ketika mereka berbuat maksiat akan berpikir bahwa tidak boleh berbuat maksiat karena ini diharamkan oleh Allah.
2. Resilience/ketangguhan: untuk bisa menjadikan siswa tangguh, maka kita harus memandirikan siswa tersebut. Berikan siswa tantangan dan hal baru agar melatih ketangguhannya dalam kesusahan.
3. Resourcefulness/banyak akal: merupakan kemampuan siswa dalam memanfaatkan sumber belajar (keingintahuan, penalaran, imajinasi, sumber daya).
4. Reflectiveness/refleksi diri: kegiatan refleksi diri bertujuan untuk membantu siswa dalam menangkap makna dari setiap pembelajaran yang disampaikan guru. Siswa akan diajak untuk berpikir mengenai apa saja hal positif yang terjadi selama pembelajaran, kesulitan apa yang ditemui, serta solusi yang diperlukan dalam menghadapi hambatan tersebut.
5. Reciprocity/timbal balik: merupakan salah satu potensi penting yang perlu dikembangkan pada siswa. Melalui pengembangan potensi ini harapannya siswa mampu membangun hubungan kerjasama yang positif dengan teman maupun orang sekitarnya.
Setelah pemparan materi oleh Ustadz Jinan, kegiatan rapat kerja pun berakhir dan ditutup dengan pembacaan do’a. Kegiatan setelah rapat selesai dikembalikan kepada diri masing-masing.